SISTEM OPERASI

Diposting pada
SOAL:
1. Pada saat ini computer sudah menjadi hal yang biasa bagi kebanyakan orang, computer juga telah menjadi kebutuhan, karena telah menghubungkan berbagai tempat di dunia dengan teknologi internet. Diantara begitu banyak hal yang berkaitan dengan dunia maya ada satu system yang diperlukan yaitu sitem operasi, kenapa system operasi sangat diperlukan, kemudian beri penjelasan dua(2) tujuan utama system operasi.
2. Jika anda membeli perangkat PC, Laptop belum tentu ada OS, terutama MS Windows, karena OSnya harus dibeli terpisah, mengapa demikian?. Kemudian beri penjelasan apa yang dimaksud dengan system terbuka (open source) atau system tertutup dan berikan contohnya.

3. Untuk jenis operasi apakah DMA itu berguna? Jelaskan jawabannya!

Jawaban no 1.
Sistem operasi berfungsi sebagai mediator, yang membuatnya menjadi lebih mudah bagi pemrogram dan program aplikasi dalam mengakses dan menggunakan fasilitas dan layanan. Secara umum layanan tersebut meliputi bidang-bidang: pembuatan program, eksekusi program, access ke perangkat I/O, access terkontrol ke file, deteksi error dan respons, dan accounting.
Komputer adalah kumpulan sumber daya yang berfungsi untuk pemindahan, penyimpanan, dan pengolahan data serta untuk mengontrol fungsi tersebut. Sistem operasi bertanggung jawab atas pengaturan sumber daya tersebut. Sistem operasi memiliki mekanisme control yang tidak biasa yaitu:
•    Sistem operasi berfungsi dengan cara yang sama seperti software komputer biasa; merupakan sustu program yang dieksekusi oleh prosesor.
•    Sering kali sistem operasi mengeluarkan kontrol dan harus bergantung pada prosesor untuk memungkinkannya memperoleh kembali kontrol.
Seperti program komputer lainnya, sistem operasi memiliki instruksi untuk prosesor. Perbedaan pentingnya adalah terdapat di dalam tujuan programnya. Sistem operasi mengarahkan prosesor dalam menggunakan sumber daya sistem lainnya dan dalam timeran eksekusi program lainnya.
    Sebagian sistem operasi berada di dalam memori utama. Bagian tersebut meliputi kernel dan  nucleus, yang berisi fungsi-fungsi yang paling sering dipakai dalam sistem operasi.  Pada saat tertentu, digunakan untuk menyimpan program lain dan data. Alokasi sumber daya (memori utama) ini dikontrol secara bersama oleh sistem operasi dan hardware manajemen memori yang terdapat di dalam prosesor. Sistem operasi membuat keputusan kapan suatu perangkat I/O dapat digunakan oleh program yang sedang dieksekusi dan tujuan akses kontrol dan pemakai file. Prosesor sendiri merupakan sumber daya, dan sistem operasi harus menentukan jumlah waktu prosesor yang diberikan kepada eksekusi program pengguna tertentu.
    Sistem operasi yang penting akan selalu berkembang dengan alasan: upgrade hardware serta hardware jenis baru, layanan baru, dan perbaikan. Kebutuhan untuk mengubah suatu sistem operasi menyebabkan persyaratan tertentu pada rancangannya. Dengan kata lain konstruksi sistem harus bersifat modular, dengan interface antarmodul yang ditentukan secara jelas, dan bahwa sistem harus didokumentasikan dengan baik.
Tujuan OS.
tujuan utama dari sistem operasi
1.mengatur aktivitas – aktivitas komputasi untuk memastikan pendayagunaan yang baik dari system komputasi tersebut
2.menyediakan lingkungan yang nyaman untuk pengembangan dan jalankan dari program
3.mengatur perangkat keras komputer dan menghubungkan antara para pengguna dengan perangkat keras

butuh jawaban dari no.1 – 3 klik dibawah ini aja , capek nulis posting semua.. hehe
DOWNLOAD FILE PDF  JANGAN LUPA BELAJAR ITU LEBIH PENTING DARIPADA MENCARI HAL YANG KURANG PASTI !!

Gambar Gravatar
Blogger dan Programmer | andhika.na@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *