Festival Tongklek Haul Mbah Guru ke-56

Diposting pada

perahulayarkertas.web.id – Tahun Baru Islam sudah memasuki hari ke 3 muharram 1439H, di kampung halamanku terlihat suka gempita meyambut Tahun Baru Islam tersebut, berbagai event kegiatan dilakukan baik Tua muda-mudi penuh gembira. Namun yang tidak perlu dilewatkan dalam bulan Muharram ini adalah Haul Mbah Guru. Pada tahun 1439H ini haul mbah guru telah mencapai yang ke-56, Mbah Guru memiliki nama asli Sayyid Husein Bin Ja’far Al-Wahad Al-Yamani terletak di Dusun Karanganyar (sekarang berubah nama menjadi kradenan) Desa Sukolilo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban (Baca : Masjid Mbah Guru). Beliau awal mula sampai disini menjadi Ulama Syiar agama islam, mengajarkan ilmu tauhid dengan memiliki banyak santri dari berbagai penjuru. Lokasi peta masjid dan makam Mbah Guru :

Haul Mbah Guru ini juga memiliki serangkaian acara yang sering dilaksanakan, khususnya pada periode tahun 2017 Masehi ada 4 kegiatan, yaitu :

  1. Tanggal 20 September 2017 : Festival Tongkel (Lihat Video)
  2. Tanggal 21 September 2017 : Lomba Hadroh dan Tahtimul Quran (pagi)
  3. Tanggal 22 September 2017 : Pengajian Umum dengan Maidoh Hasanah Muhammad Luthfi bin Yahya

Selain itu di sepanjang jalan masuk ke acara, juga dimeriakan para penjaja aneka makanan dan pedagang pakaian yang ingin meraup berkah dari pengunjung Haul tersebut.

Jangan Lupa Subscribes dan Like ya!

Gambar Gravatar
Blogger dan Programmer | andhika.na@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *