Netizen Dukung Gerakan Bersama Tuban Anti Hoax

Diposting pada

 
#TubanAntiHoax
Gerakan Bersama Tuban Anti Hoax – Marak berita yang mengandung unsur palsu atau membohong kian hari semakin banyak, masyarakat menamakan berita Hoax. Pengguna internet harus bijak dalam menerima berita update, harus diolah, di crosscheck apakah benar-benar kredibel berita yang diperoleh, jika dapat dipercaya dan merupakan berita benar boleh kita untuk berbagi kepada teman (share). Dunia sosmed yang paling rentan akan berita hoax, melalui chat-chat maupun iklan dari website-website.


Apa Itu Hoax ?

Hoax = (inggris) palsu, berdasarkan wikipedia Hoax bisa dikatakan Pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu
Sebagai masyarakat yang melek teknologi dan peraturan ITE mari kita berbagi yang benar, berbijaklah dalam berinternet, mulailah dari diri kita sendiri, keluarga, komunitas, dan lainnya. Salah satunya didaerah tempat tinggal saya tercinta, Gerakan Bersama #TubanAntiHoax #TurnBackHoax yang didukung sepenuhnya oleh Dinas Kominfo Tuban.

Kebijakan pemerintah pusat sepatutnya harus ditindaklanjuti bersama sampai ke daerah, dan daerah punya kewajiban mendukung kebijakan tersebut,’’ tegas Kepala Dinas Kominfo Tuban, Ir. Hery Pasetyo, MM (Dikutip dari tubankab.go.id

 

Sebagai masyarakat yang mendukung internet sehat, seluruh elemen dari kota tuban serta Relawan TIK dan  Blogger Tuban gencar menyuarakan Anti Hoax tersebut. Berdasarkan pantuan Statistk Aduan di website kominfo dengan jumlah keseluruhan hampir 773164 Kasus (lihat detail).

Waspada Internet Hoax
Dengan semangat dari berbagai dukungan segala aspek warga tuban mendukung gerakan bersama Tuban Anti Hoax (Berita Palsu). Jadilah pengguna internet yang memberikan profil yang jelas dan bacalah apa yang kita dapat sebelum kita membagi kepada teman-teman kita, Waspada dengan link-link berita palsu yang tidak sesuai dengan Meta Tag Description artikelnya, dengan ini saran yang penulis serasa dapat menghindari hal-hal kecil di dunia maya :
1. Sadar Internet dari keluarga
Internet memang penting, tapi kenalkan internet pada usia yang tepat. Jangan kenalkan Anak usia dini dengan perangkat yang bias terhubung dengan internet. Jika Anda berinternet dengan anak anda, sampaikan pesan edukatif agar anak tidak menikmati internet di usia dini.
2. Bijak Dalam Menulis “Update Status” di Sosial Media
Banyak media social menjadi ajang mencaci maki, kesal dengan orang lain, marah-marah dan sebagainya. Ingat! Sosial Media Lebih Umum daripada Tempat Umum. Maka jaga privasi dan batasi apa yang disampaikan untuk seperlunya.
3. Bacalah Sebelum Berbagi URL Link Artikel di Sosial Media
Sekarang Sosial media banyak bertebaran iklan promosi dari berbagi website untuk memperoleh rating dan kepopuleran maka cek kredibelitas asal atau referensi berita.
4. Patuhi Aturan yang telah ada
Semoga dengan gerakan anti hoax, hal-hal bersifat tentang yang palsu seiring waktu bisa di minimalisir dengan Gerakan Bersama Tuban Anti Hoax. Netizen yang bergabung dalam Blogger Tuban sangat mendukung dengan gerakan yang dipromosikan Dinas Kominfo Tuban.
Pemerintah Pusat pun mendukung Gerakan Anti Hoax salah satunya dengan meluncurkan #TurnBackHoax yang bias diakses di turnbackhoax.id disini mengajak netizen untuk melaporkan hal yang bersifat hoax, fitnah, SARA, pesan berantai, dan lainnya. Dibawah ini tampilan dari websitenya :

Tampilan Beranda Website #TurnBackHoax

Sekian apa yang bisa saya berikan kepada kawan-kawan, semoga kita bisa bijak dalam internet, dan bersihkan Tuban dari berita palsu (hoax).

Mari Kita Jadi Warga yang Cerdas dan Bijak dalam Menggunakan Internet 
#TubanAntiHoax #TurnBackHoak
 
 
Referensi :
– id.wikipedia.com
– kompas.com
– tubankab.go.id
– kominfo.go.id/statistik

3 thoughts on “Netizen Dukung Gerakan Bersama Tuban Anti Hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *