Kuliner Tuban : Rujak Petis, Jajanan Uenak Khas Pantura Bulu-Tuban

Diposting pada
Rujak Petis Khas Kuliner Bulu Bancar Tuban
Siapa yang tak kenal jajanan khas pantura yang satu ini, orang kuliner tuban khas pesisir sering menyebutnya rujak petis. Apa itu petis? Petis adalah olahan sari ikan (bisa ikan cumi, tengiri, dll) yang dikentalkan sebagai campuran memasak oseng-oseng maupun rujak. Nah kali ini saya akan membahas jajanan yang bikin “nyedulurke” (mempererat persaudaraan) yaitu rujak.

Dalam Wikipedia disebutkan “Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak mudah ditemukan di IndonesiaMalaysia, dan Singapura dan di sana disebut “rojak”.

Warung Rujak di Jalan Bulu-Jatirogo

Rujak merupakan makanan yang terdiri dari potongan buah nanas, bengkoang, papaya, kedondong, timun, dan lainnya yang dipotong tipis-tipis diberi sambel petis yang dilengkapi lalapan tahu asin. Kuliner jajanan ini cukup murah meriah tidak akan membuat kantong kalian kosong. “Sepuluh ewu” atau sepuluh ribu (10K) sudah menjadi persaudaraan. Jenis rujak itu ada banyak sekali, antara lain : Rujak Petis, Rujak Kacang+Petis, Rujak Kacang+Lontong, Rujak Kacang+Lalapan dan masih banyak beragam paduan sajian rujak itu sendiri.

Rujak Petis Menurut Wikipedia “Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/taoge, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air. Di daerah Jawa Timur, selain petis yang biasa digunakan untuk bumbu rujak petis, ada juga yang menggunakan petis Madura yang berwarna kemerahan. Rujak petis biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.”

 

Warung Rujak Di pertigaan layur bulu

 

Baca Juga : Ada Apa Saja di Pesisir Bulu Bancar Tuban? Ayo Kita Lihat…

 

Bagaimana bisa mempererat persaudaraan, rujak yang diletakan dalam “cowek” (Piring atau tempat dari tanah yang lebar yang dibuat tempat uleg bumbu atau sambel) yang dimakan bersama-sama dengan segelas es cao, jeruk, sirup maupun segelas air.
 
Warung Rujak di Pertigaan Bulu
 
 
Dimana kita bisa mendapatkan rujak disekitar daerah bulu – bancar? Gampang, diseluruh pelosok jalan di desa di bulu kompleks (Banjarjo, Bulujowo, bulumeduro, dan sukolilo) banyak ditemukan penjual jajanan uenak rujak ini. Tapi ada sebagian tempat yang paling popular dan diminati dari pembeli luar bulu, orang yang datang ke bulu kurang afdhol jika belum mencicipi jajanan khas pesisir ini.
 

Baca Juga :  “Siwalan”, Makanan Khas Kota Tuban

 
Tempat Rujak di daerah bulu – bancar :
  • Warung Rujak Pertelon Layur Utara
  • Warung Rujak Jalur Boncong (Perempatan layur ke timur)
  • Warung Rujak Pertigaan Jalan AMD ke timur
  • Warung Rujak Utara Terminal Sub Bulu
  • Warung Rujak Pertigaan Bulu

 

Nah itu rekomendasi lokasi alamat lokasi warung jajanan rujak petis khas Bulu – Bancar – Tuban yang menjadi kuliner tuban daerah pesisir. Silahkan dicoba….

[full_width]

5 thoughts on “Kuliner Tuban : Rujak Petis, Jajanan Uenak Khas Pantura Bulu-Tuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *