Cuaca Ekstrim : Pengertian dan Kategorinya

Diposting pada
Pertemuan SIMAIL di DKP Provinsi Jawa Timur

perahulayarkertas.web.id – Cuaca ekstrim sering terjadi disekitar kita, yang mana kadang kala mengalami hujan lebat, angin kencang, kemarau panjang dan sebagainya. Setelah saya mengikuti kegiatan Pemantapan Sistem Informasi Mitigasi Bencana, Adaptasi dan Perubahan Iklim (SIMAIL) yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Bersama BMKG meyebutkan cuaca ekstrim itu mempunyai ketentuannya, jika salah satu poin itu terpenuhi maka sudah di kategorikan cuaca ekstrim.

Definisi :

Cuaca ekstrim adalah fenomena meteorologi yang ekstrim dalam sejarah (distribusi), khususnya fenomena cuaca yang mempunyai potensi menimbulkan bencana, menghancurkan tatanan kehidupan sosial, atau yang menimbulkan korban jiwa manusia. Pada umumnya cuaca ekstrim didasarkan pada distribusi klimatologi, dimana kejadian ekstrim lebih kecil sama dengan 5% distribusi. Tipenya sangat bergantung pada Lintang tempat, ketinggian, topografi dan kondisi atmosfer.

 

Ketentuan Poin yang menjadi kategori Cuaca Itu Ekstrim :

  • Angin Kencang : Kecepatan diatas 25 KNOT (45km/jam)
  • Angin Puting Beliung : Kecepatan 34.8 KNOT (64.4km/jam)
  • Hujan Lebat : Curah Hujan 50mm/hari (20mm/jam)
  • Gelombang Ekstrim : diatas 6 meter
  • Jarak Pandang : Kurang dari 1000 meter
  • Suhu : > 3 derajat diatas Normal

 

Untuk Mengetahui Informasi Cuaca Kemaritiman : maritim.bmkg.go.id

Untuk Informasi SIMAIL dari UPT P2SKP Bulu : prakiraancuaca-ppbulutuban.blogspot.com atau unduh aplikasinya di PlayStore Hape Android Anda (klik disini)

4 thoughts on “Cuaca Ekstrim : Pengertian dan Kategorinya

  1. Seperti kondisi cuaca panas yang sekarang ini, bisa dikatakan cuaca ekstrim ya mas?

    Walau aku nggak tahu betul tanda2 akan terjadinya cuaca ekstrim., tapi Alhamdulillah setelah baca postingan ini sudah mulai paham.

    Thank buat sharenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *